Sunday, November 30, 2014

Tips - tips kuliah, khususnya Peternakan - UNPAD

ILMU PETERNAKAN - UNIVERSITAS PADJADJARAN

            Untuk pertama kalinya saya mendapatkan kesempatan untuk bisa berkuliah di universitas favorit saya yaitu UNPAD. Sebetulnya saya lebih senang berkuliah di luar negeri, namun saya belum dapat mewujudkannya. Mungkin setelah saya kerja dan mendapatkan modal? Hehe.
           Selama saya di sana, pertama-tama saya harus mendapatkan tempat inap atau yang disebut kos2an selama 4 tahun saya belajar. Memang saya cukup menderita karena banyak halangan dan rintangan. Mengapa saya mengatakan demikian? Karena menurut pandangan saya, memang ada banyak fasilitas dan kamar kosan untuk para mahasiswanya bahkan harganyapun bisa dinego. Namun hal yang meyurutkan semangat saya belajar di sana adalah preman2, org2 di pinggir jalan, dan penjahat yang berkeliaran demi mendapatkan sesuap nasi.
           Saya adalah orang yang paling protektif untuk diri sendiri. Jadi untuk memperingatkan kalian para camaba (calon mahasiswa baru) UNPAD, UPI, ITB, dan lain2 di Kota Bandung, mohon dengarkan baik2 agar terhindar dari bahaya penjahat di tempat yang rawan seperti Sumedang :
           1) Jangan mau diajak bicara jika tidak ada tujuan yang jelas dengan orang asing.
           2) Jangan mau mengerti omongannya, namun lihatlah gelagat/ciri2 luar org tsb. Apakah
                terlihat baik?
           3) Jangan mengikuti kemauan orang asing yang mengajak obrol anda.
               (karena ada kejadian teman saya di tempat kos yang diajak berkeliling dengan motor,
                tetapi tiba2 org asing itu menghilang beserta uang teman saya yang raib diambil oleh
                orang asing yang mengajak ia jalan2).
           4) Jika baru pertama berada di daerah Sumedang, jangan melihatnya seperti melihat
                Kota Jakarta/asal. Sebab situasi kejahatan kota yang satu dengan yang lainnya 
                berbeda.
           5) Kalau ditanya masalah kos2an oleh orang asing di sana, kemudian ia mengajak
                Anda berjalan ke tempat kosan dengan alih2 gratis menggunakan motor, 
                jangan terpengaruh oleh keramahan orang tsb. Sebab org tsb akan meminta imbalan
                yang tinggi atau mungkin "lebih buruk".
           6) Hal yang mengenai identitas pribadi Anda jangan diutarakan kepada orang yang
               kelihatan sangat "ramah". Contoh pertanyaan mengenai identitas Anda ; nama, kota
               asal, status, hal yang berhubungan dengan ekonomi, suku, agama, atau bahkan
               alamat kosan Anda sendiri (karena ada yang suka membuntuti Anda pada akhirnya,
               walaupun Anda tidak memberitahukan semua hal itu). 
           7) Hal yang penting dalam hal jalur pendidikan nanti adalah tuntunan dari kakak2 senior
               yang sudah lebih tahu dan mengerti.  Jangan membantah segala larangan, pantangan,
               atau peringatan kakak2 senior. Sebab mereka seperti wakil dari dosen pembimbing
               dalam menasehati atau bahkan mungkin seperti orang tua pengganti. Mereka adalah
               wakil dosen atau penghubung kita para maba dengan dosen atau pembimbing
               selama proses belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Mereka juga yang akan
               berusaha mencegah para maba dari kejahatan di luar kelas.
           8) Berdoa & berusaha dalam Tuhan agar kita tidak mengalami kejahatan2 yang sudah
                dialami mahasiswa masa lalu dan direnggut nyawanya oleh orang yang tidak
                bertanggung jawab Itulah yang terpenting.

Jadi teman-teman maba peternakan -UNPAD 2014 harus mengerti segala situasi dan kondisi di luar kampus, karena banyak hal bisa terjadi di antara mereka yang tidak waspada terhadap sekitar dan satu sama lain. Gracias

No comments:

Post a Comment